Formasi Satu Aja Nih!

Haiii... semalem bukaan cpns lagi guys.. 61 instansi pemerintah katanya..?

Gua jadi ke flashback 3 tahun lalu. Gimana riweuhnya milih intansi dan ngurus berkas-berkas pendaftaran dan belajar dan main.


Rasanya kek baru kemarin aja gitu kan, taunya udah 3 tahun yang lalu.



---

Gua mau cerita ya guys, boleh yaa... ehe.

Pendaftaran CPNS kali ini sepertinya sedikit berbeda dari 3 tahun yang lalu. Kalo dulu, pilihan semua jurusan ada banyak. Banget. 1 jabatan bisa dengan kualifikasi pendidikan apa saja. All major.


Tapi sekarang, setelah gua ikut uforia pembukaan cpns, kayaknya all major ditiadakan. Semua jabatan menyebutkan kualifikasi pendidikan yang jelas. Misal, arsiparis hanya bisa diisi oleh mereka yang memiliki ijazah DIII Kearsipan atau S1 Kearsipan. Kalo dulu, ada instansi yang memilih kualifikasi pendidikan semua jurusan.


Tahun ini, jumlah formasi yang dibutuhkan juga lebih sedikit, masing-masing jabatan paling 1 atau 2 orang.


Ini, yang menjadi momok mengerikan buat sebagian orang. Kawan-kawan yang bertanya ke gue, mereka lebih ke pesimis karena formasi kebutuhan yang cuma.... satu.


Please, jangan menyerah.


Jangan merasa kalah sebelum berperang.




Sini ikut gue yuk, kita ngopi, gue mau cerita sesuatu.



Waktu gue masuk cpns dulu, pun sama kek kalian, bingung. Tapi alhamdulillah bingungnya gue karena memilih Kemenkeu atau Kementerian ESDM.


Saingan? Nah.. sempet sih takut mendaftar Kemenkeu karena.... saingan. ehe. nggak munafik kalo, gue mencoret Kemenkeu karena saingan. Jadi dulu ada temen gue yang cumlaude dan dia rajin bener belajarnya terus berhasil bikin gua mundur dari Kemenkeu.



Tapi you know what? Dia nggak keterima.



Lalu, begitu gua fiks milih Kementerian ESDM, gue sempet bingung milih unit. Karena waktu itu yang membuka arsiparis nggak cuma 1 unit. Lagi-lagi.. gua mikirin saingan. Semakin banyak formasi yang dibutuhkan, semakin banyak saingannya.



Waktu itu paling banyak formasi di Biro Umum, 6 orang. Selain itu masing-masing 1 orang. Kebayang ngga saingannya kayak apa?


Tapi, unit yang formasi 1 orang itu, pendaftarnya juga cuma 1, malah waktu pendaftaran sempet diperpanjang karena ngga ada yang daftar. 


Padahal biro itu super keren di ESDM (ini gue tau setelah gue keterima dan kerja disini).


Yang formasi 6 orang ini, yang daftar berapa? 20 orang, bray! Iya sih cuma 20, tapi kaka tingkat semuwa. Minder ngga? Sempet. 1:3 orang. Satu orang harus ngalahin 3 orang lainnya.



Begitu hari H TKD. Jeng jeng jeng....



I got 2nd place in archival team!! Artinya, gua, anak lulus 2 bulan yang lalu bisa ngalahin kaka tingkat yg lulusnya 2 tahun yang lalu.



Jadi, gua mau bilang ke kaliyan semua yang mau daftar CPNS. Jangan nyerah, jangan perduliin saingan. Please, do your best. Kalo lo udah berusaha, lo udah siap, dan yeaaa lo yakin lo mampu, saingan ratusan juta orang pun lo pasti bisa hadapin.








Inget, lo itu kan sel sperma yg paling kuat, bukan begitu?

0 comments:

Post a Comment