Belajar Dari Princess Diana

Sejak pernikahan Prince Harry diselenggarakan 19 Mei lalu, semua media pasti mengaitkan dengan kisah hidup mendiang Lady D. Di twitter beredar mengenai konspirasi kematian Lady D hingga isu perselingkuhan Pangeran Charles dengan mantan kekasihnya, Camila.

Tulisan berikut diambil dari jejaring sosial twitter (@) artemisrt

Diana In her Own Words documentary

Diana Spencer lahir pada 1 Juli 1961 di Sandringham, Inggris. Ayahnya adalah Earl Spencer, mantan ajudan pribadi Raja George VI dan Ratu Elizabeth II. Karena ayahnya seorang pegawai kerajaan, maka kehidupan Diana tidak jauh dari keluarga Ratu Elizabeth.

Berbicara tentang masa kecilnya, Putri Diana mengatakan orang tuanya tidak pernah mengatakan bahwa mereka mencintai dia. "Tidak ada pelukan atau semacamnya," ujar Putri Diana.

1. Charles dan Lady Diana:
Diana lebih muda 12 tahun dibanding Charles. Pertemuan mereka berikutnya ketika Diana berusia 18 tahun dan Charles 28 tahun. Saat itu Charles mengencani kakak tertua Diana, Sarah.

"Aku masih ingat, saat itu diriku pendek dan gemuk, tak pandai berhias, dan agak bodoh. Namun sangat berisik sehingga dia suka," ujar Diana menceritakan pertemuannya dengan Charles.

2 tahun kemudian, mereka kembali bertemu, tak lama setelah Charles berjalan sendiri dalam sebuah acara pemakaman.

"Aku berkata, hatiku sakit melihatmu seperti ini. Saat itu aku berpikir, hal ini tak dapat dibiarkan, kamu kesepian dan harus ada yang menjagamu," Diana to Charles.

Hubungan asmara Diana-Charles dimulai pada tahun 1980. Enam bulan setelah membina kasih, Charles melamar Diana dan keduanya menikah pada 29 Juli 1981.




Dia mengajakku duduk dan berkata "maukah kamu menikah denganku? Saat itu aku berpikir ajakannya terlalu tiba-tiba, hal itu terlalu dewasa untukku, sehingga aku tertawa. Aku ingat saat itu berpikir ajakannya untuk menikah adalah lelucon, namun ternyata dia serius," --- Diana.

Aku berkata, aku sangat mencintaimu, sangat mencintaimu. Namun Charles berkata "terserahlah cinta itu apa." ---- Lady D.

Aku pikir dia sangat tergila-gila denganku ketika melihat pandangannya, namun entah buatku itu terlihat tidak tulus. ---- ujar Diana.

Pernah melihat hebohnya pernikahan Pangeran William dan Kate Middleton pada tahun 2011 yang ditonton 300 juta orang dari selutuh dunia?

Pernikahan Putri Diana lebih meriah. Saat Diana-Charles menikah tahun 1981 ada 750 juta orang di seluruh dunia yang menonton siaran!

2. Diawasi Media
"Apakah ada paparazzi yang mengejar Anda ketika di mobil?" tanya Colthurst.
"Oh banyak sekali, sehingga aku merasa harus segera kabur bahkan ketika ada lampu merah. Mereka mengejar saya kemana saja, dan kita berbicara tentang 30 paparazzi, bukan 2." ---- Diana.

Aku bahkan bingung harus bagaimana. Namun aku tak pernah protes tentang kejaran media kepadanya (Charles), karena aku merasa hal itu memang sudah konsekuensi. Sehingga aku tak mendapat bantuan dari Charles, ataupun media. Aku menyelesaikan masalah ini sendiri." ---- Diana.

"Pertama kali berhadapan dengan paparazzi, aku cuma bisa menundukkan kepalaku. Karena aku ketakutan dengan sorotan yang diberikan. Aku selalu tersenyum ke semua orang seolah aku sangat bahagia. Hal itulah mereka (media) percaya, karena mereka lebih senang berpikir seperti itu" --- Diana.

"Namun semakin hari segalanya tak mudah. Aku hanya sudah terbiasa dengan pandangan orang dari Princess of Wales." --- Diana


3. Perselingkuhan Charles:
Diana mendapati Charles selingkuh dengan Camilla Parker Bowless, hal ini diungkapkannya dalam biografi Diana yang disusun oleh Andrew Morton tahun 1992. Karena depresi ini, Diana bahkan pernah mencoba bunuh diri.

Sebelum Diana dan Charles bertunangan, Diana tahu ada 'orang ketiga'. Mereka bahkan sering menginap di rumah pedesaan milik Parker-Bowless.

"Dia (Camilla) sangat memahami Charles, bahkan ke hal yang pribadi, Alhasil aku jadi berusaha keras (untuk memahami Charles)," jelas Diana.

"Suatu saat, aku mendengar pembicaraannya (Charles) di telepon berkata "apapun yang terjadi, aku akan selalu mencintaimu". Aku bilang kepadanya kalau aku mendengar pembicaraan mereka di balik pintu. Setelah itu kami bertengkar hebat." ---- Diana.

Saat bertunangan, foto-foto tersebar di dunia memperlihatkan Diana dengan mantel merah, sambil menangis, sementara Charles bepergian selama 5 pekan.

"Tak ada yang bisa kulakukan ketika dia pergi," kata Diana.

"Hal paling buruk terjadi beberapa saat sebelum dia pergi. Saat itu aku sedang bersamanya membicarakan tentang jadwalnya. Tiba-tiba telepon berdering, dan itu Camilla. Beberapa saat sebelum dia pergi selama 5 pekan. Dan itu sangat menghancurkan hatiku," Kata Diana.

Camilla, mengirim sepucuk surat yang bertuliskan "Aku sangat senang dengan berita pertunangannya. Ayo kita bertemu dan makan siang, aku penasaran dengan cincin pertunangannya. Salam cinta, Camilla," kata Diana.

"Dan saat itu aku cuma bisa berkata... wow" ----- Diana.

Setelah itu kami bertemu untuk makan siang dan sangat rumit, penuh tipu daya. Camilla berkata 'kami tak akan pergi berburu kan? Lalu aku bilang 'tidak'. Lalu Camilla berkata "Aku hanya ingin tahu saja." Sepertinya Camilla khawatir dengan komunikasinya (dengan Charles) ----- Diana.

Namun saat itu aku masih sangat naif untuk memahami maksud yang Camilla sampaikan. ---- Diana.

Diana pernah berkata pada saudaranya bahwa dia tidak ingin menikah dengan Charles. "Aku tak bisa melakukannya, ini mustahil."

Tau jawaban saudaranya?? "Nasibmu buruk. Wajahmu sudah tersebar ke mana-mana, sudah terlambat untuk melarikan diri."

4. Lady Diana yang mengidap Bulimia:
"Bulimia hadir saat kami betunangan. Suamiku menaruh tangannya di pinggangku dan berkata "oh, di sini agak gemuk ya? dan hal itu menimbulkan sesuatu di dalam diriku," kata Diana.

"Pertama kali aku menyakiti diriku (dengan bulimia), aku sangat bergairah. Aku merasa, mungkin begini cara melampiaskannya" ---- Diana.

Pinggangnya hanya 23 inchi saat pertama kali mencoba gaun pengantin. Saat itu hari ke 23 sebelum menikah.

"Aku benar-benar menyusut." ---- Diana.

Malam sebelum menikah, dia memakan 'apa saja yang dia temukan'.

"Aku sakit, sangat menderita malam itu. Keesokan paginya, sekitar pukul 5 pagi, aku sangat, sangat tenang." ----- Diana.

Saat bulan madu, bulimia yang diderita Diana semakin memburuk.

"Empat kali dalam sehari di atas yacht. Apapun makanan akan aku makan, namun setelah itu aku mual dan segera memuntahkannya." ----- Diana.

Publik menginginkan putri yang seperti peri, tanpa tahu bahwa sang putri menyiksa diri sendiri karena berpikir dirinya tak cukup baik." ---- Lady Diana.

5. Kehidupan pernikahan Diana dan Charles:
"Saat berjalan di altar, aku melihat Camilla dan saat itu aku berpikir, "Baiklah, mungkin setelah ini semua akan berakhir, aku merasa memiliki harapan lagi, yang langsung dipatahkan di hari kedua pernikahan." ---- Diana.

Charles membawa 8 buku untuk dibaca saat bulan madu. "Saat itu kami merasa hanya berdua saja, namun kenyataannya tak pernah hanya ada aku dan Charles."

"Aku menangis tersedu-sedu saat bulan madu itu, aku sangat lelah untuk semua alsan yang keliru." ---- Lady Diana.

Bayangan Camilla, selalu hadir di tengah mereka.

"Dia (Charles) membuka buku catatannya untuk menulis sesuatu, dan di dalamnya ada 2 foto Camilla." ---- Lady Diana.

Ketika Diana melihat sepasang kancing manset dengan huruf C saling berkaitan, Charles berkata "Apa salahnya? Ini adalah hadiah dari teman."

"Aku berencana untuk menyayat nadiku," kata Diana. "Namun psikiater berusaha menyelamatkanku. Mereka memberikanku Valium, (mereka bilang) ini dapat membuatku bahagia, sehingga mereka bisa tidur dengan tenang setelah yakin bahwa Princess of Wales tak akan menikam siapapun."

6. Prince William dan Prince Harry:
Diana mengetahui dia mengandung William dan dia sangat bahagia. Namun morning sickness menambah penderitaannya.

Berita Diana "jatuh" dari tangga sempat menjadi headline di media massa dunia. Namun yang terjadi bukanlah seperti itu.

"Aku sendiri yang melompat," ujar Diana.

"Charles bilang aku terlalu cengeng, sehingga aku merasa menderita dan menangis kencang. Namun saat itu Charles bilang 'aku tak mau mendengarmu, kamu selalu seperti ini. aku mau berkuda saja." setelah itu aku menjatuhkan diri ke tangga." --- Diana.

"Ratu tiba, gemetar dengan raut wajah yang ketakutan. Dan saat itu Charles sedang berkuda. Namun ketika dia (Charles) kembali, yang terjadi hanyalah penolakan. William harus diinduksi karena aku tak dapat menghadapi media. Aku tak sanggup lagi menghadapinya.

Diana mencintai putranya, namun dia menderita depresi pasca melahirkan.

"Saat William dan Harry lahir, yang terlihat hanyalah kegelapan, dan aku tak ingat apa-apa. Saat otu terlalu menyakitkan." Kata Diana.

"Dokter Mitchell datang setiap pukul 6 sore dan aku harus menjelaskan pembicaraanku dengan suamiku setiap hari. Namun kami jarang bicara, yang ada hanyalah air mata." ---- Lady Diana.

"Dari luar orang mengatakan aku hanya membuat suamiku susah, karena berakting seperti anak manja. Namun aku tahu, aku hanya membutuhkan istirahat, kesabaran dan waktu untuk beradaptasi dengan peran yang harus aku jalankan." ----- Lady Diana.

Tak lama, Diana mengaku pernah melakukan beberapa percobaan bunuh diri.

"Harry hadir bak keajaiban. Saat itu aku dan Charles, sangat, sangat dekat satu sama lain, 6 pekan sebelum Harry lahir. Hubungan terintim yang pernah kami rasakan," kata Diana.

"dan tiba-tiba setelah Harry lahir (September 1984), semua kembali memburuk. Pernikahan kami, seluruhnya hancur." ---- Lady Diana.

Hubungan mereka merenggang, Diana berjuang dengan bulimia, dan beberapa kali berusaha bunuh diri.

Bulan Mei 1986, kondisi Diana menjadi fokus dunia saat dia pingsan di hadapan publik selama tur Amerika. Saat itu Charles dan Diana telah berjalan selama 4 jam.

"Tak ada yang aku makan selama 4 hari sebelum itu- maksudku, makanan yang akhirnya aku telan dan tak kumuntahkan." ujar Diana.

"Aku pucat seperti mayat, namun aku tak memberitahukan siapapun karena nanti mereka akan berpikir aku terlalu manja."

"Aku memegang erat lengan suamiku dan berkata 'Sayang, sepertinya aku mau pingsan' dan akan ambruk di sampingnya. Saat itu Charles menyuruhku pergi dan pingsan di tempat lain. ------ Lady Diana


💔💔💔 

7. "Melabrak" Camilla
Saat ulang tahun saudara perempuan Camilla yang ke-40, Diana tiba-tiba datang, tanpa diduga. Saat itu, suara dalam kepala Diana berkata 'ayo hadapi saja'.

Di perjalanan, Charles berkali-kali bertanya kenapa Diana harus datang. Saat berbincang dengan tamu, Diana menyadari bahwa Charles dan Camilla menghilang.

Diana memutuskan untuk ke lantai atas.
'aku tahu aku akan menemukan mereka di sana. meski sudah diperingatkan untuk tak pergi ke atas.'

"Aku berkata, Camilla, aku ingin bicara denganmu bila memungkinkan."

"Dia (Camilla) terlihat tak nyaman, namun mengangguk. Kami kemudian duduk, saat itu aku merasa takut dengannya." --- Diana.

"Aku berkata, 'Camilla, aku ingin kamu tahu bahwa selama ini aku mengetahui apa yang terjadi antara dirimu dan Charles." ---- Diana.

Camilla berkata,"Kamu memiliki apa yang kamu inginkan. Seluruh pria di dunia ini jatuh cinta kepadamu. Kamu punya 2 anak yang tampan, apa lagi yang kamu inginkan?"

Diana membalas, "Aku ingin suamiku."

💔💔💔💔💔💔💔💔💔


"Aku minta maaf karena aku berada di antara kalian dan hal itu pasti menyiksa. Namun aku tahu apa yang selama ini terjadi. Jangan anggap aku bodoh," ujar Diana.

💔💔💔💔

(I cry every time kalo inget ini.. Charles & Camilla, I hope karma siap both of you)

Butuh 7 tahun bagi Diana untuk bersikap, dan saat itu dia merasakan perubahan. "Kemarahan dan cemburu masih ada, namun tak mematikan seperti sebelumnya," ujar Diana.

8. Perceraian Lady Diana dan Charles:
Bulan Desember 1992, PM Inggris John Major mengumumkan bahwa pasangan tersebut berpisah.. Charles dan Diana bercerai tahun 1996. Diana memperoleh 23 juta dolar AS dari Charles dan Charles wajib memberi santunan hidup 600 ribu dolar AS per tahun.

Dalam rekaman terakhir pembocaraan dengan Morton Book di tahun 1992, Diana ditanya harapannya untuk ke depan dan Lady Diana menjawab:

"Bila aku diberi kesempatan untuk menulis, aku akan berkata aku harap suamiku dapat pergi dengan Camilla, tinggalkan aku dan anak-anak untuk menggunakan nama Wales, sehingga tiba saatnya William naik takhta," ucap Diana.

"Dan aku akan berada di belakang mereka, melakukan apa pun sesuai keinginanku sendiri. Sehingga aku tak merasa terjebak." ---- Lady Diana.



Selengkapnya klik tautan berikut ini:




***

Membaca thread diatas, sungguhlah menguras emosi. Antara marah terhadap Charles dan Camilla sekaligus sedih dengan nasib Lady Diana.

Ternyata, setelah sekian lama kita semua -orang awam- yang tidak pernah tahu seluk beluk di balik tembok kerajaan Inggris, dapat mengetahui fakta yang sebenarnya.

Bahwa dalam lingkup kerajaan ada pula yang menjadi 'pelakor'. 

Lady Diana, putri yang malang, begitu aku menyebutnya. Sudahlah orang tuanya tidak menyayanginya, diselingkuhi pula sama suaminya.

Kurang menderita apa coba?

Yang mungkin selama ini kita melihatnya sebagai sosok yang sempurna, wajah yang cantik, bersuamikan pangeran, memiliki anak laki-laki yang tampan, ternyata memiliki sisi gelap yang memungkinkan dirinya untuk bunuh diri.

Belajar dari Princess Diana, meskipun dia adalah korban dia tetap yang meminta maaf saat bertemu dengan Camilla, dan dia juga masih berharap bahwa Charles bisa bersama dengan Camilla. Kurang berlapang hati gimana lagi coba?

Dan saya-kita- tak secantik Lady Diana pun, masih terkadang egoisnya ampun-ampunan.

Lady D, semoga saya-kita semua- dapat menjadikanmu contoh untuk bisa menerima apapun takdir Tuhan, memiliki hati semurni dirimu. Tetap membalas dengan doa yang baik meskipun dirimu tersakiti..

Rest in Peace, Ma'am.

Terima kasih atas pelajaran hidup yang telah kau berikan untuk kita semua.

Semoga engkau mendapat tempat sebaik-baiknya tempat di sisi Tuhan.



Amen.







0 comments:

Post a Comment