Prajabatan Golongan 2 Cepu

Akhirnyaa...dapat kesempatan buat nulis tentang prajab disela-sela kerjaan yang menumpuk hahaha kan ngga setiap saat dapet ide nulis. Its priceless. Kerjaan mah besok lagi masih bisa. *eh

Prajabatan Golongan 2 Cepu..
Awalnya ngga enak banget mau prajab. Seminggu habis lebaran bro gua prajabnya. Euforia lebaran aja belom kelarrr... (_ _")/|| 
Gue memulai prajab diawali dengan salah beli tiket tanggal 26 Juli karena ku kira tanggal 27 Juli itu kami belum efektif prajab (kan biasanya begitu, hari pertama belum efektif). Ternyata beberapa hari sebelum hari prajab di berbagai grup mulai rewel kalau harus checkin tanggal 26 Juli. Wqwqwqq panik  dong yaa.. Mau batalin tiket tapi ngga bisa karena itu tiket promo lebaran 200ribu. Ngga bisa cancel, ngga bisa pindah nama. Pokoknya udah ngga bisa ngapa-ngapain alias harus berangkat hari itu juga kalo ngga mau rugi. Ya sutralah kami ndak mau kehilangan 200ribu, maka nekat ajalah ndapapa capek

27 Juli 2015..
Subuh-subuh sampe Wisma Widya Patra 3, kurang lebih jam setengah 4 sampai wisma. Jam 6 kami sudah harus siap baris-baris. Teepppaaarrrrr cuma istirahat satu jam doaaanggg. Gapapa.
Seharian itu kami baris-baris, diajarin hormat kanan hormat kiri, langkah tegap maju jalan sama TNI dan ada beberapa pengarahan dan semacam seminar gitulah di Pusdiklat Migas. Sehari itu ku habiskan dengan kondisi capeee berat dan mata yang butuh ganjelan.

28 Juli 2015..
Hari kedua kami mulai diajarin Yel-yel dan dibilangin sama TNI nya kalo KAMI HARUS JALAN BARIS YANG RAPIH DARI WISMA KE PUSDIKLAT MIGAS! KALO NGGA KALIAN HARUS JALAN JONGKOK SAMPE PUSDIKLAT. Oke. Gapapa. Dan ya begitulah hari-hari kami selama kurang lebih 2 minggu. Baris, langkah tegap, hormat kanan, hormat kiri, meletakkan perlengkapan dan dalam perjalanan baris ke Pusdiklat adalah harus nyanyiin Yel-yel. Cem tentara-tentara kalo lagi latian gitu itu loo.. Kalian pasti pernah liat kaaan..


siapa bilang kami tidak berani
kami prajab dari esdm
belajar dan bekerja itu tekad kami
agar menjadi pegawai yang sejati

Hampir 2 minggu di Cepu..
2 minggu kami belajar di kelas, tatap muka dengan Widyaiswara, semacam kuliah lagi gitu, dan di akhir minggu kedua kami ada ujian tertulis mengenai apa yang telah kami pelajari selama kuliah 2 minggu itu. Jujur aku ngga bisa ngerjain soalnya. Hahaha. Dasar otakku biasa-biasa aja dan cenderung ke arah bodoh jadi perlu beberapa menit hanya untuk mencerna satu soal sampe bener-bener paham maksud soal itu, daaan lagii banyak nomor yang langsung ku jawab tanpa melirik soalnya (--,)7. Keren kaan gue. Hahahaha *digetok*


Menjelang akhir on campus 1
Kami adalah angkatan prajab yang ngga ada jalan-jalan. Yaaa karena ngga ada apa-apa di Cepu dan waktu kami yang banyak habis hanya untuk aktualisasi. Menjelang sidang rancangan sebagian besar dari kami tidur jam 2 demiii Aktualisasi. Gapapa. Demi kamu dan si kecil aku rela tidur larut dan ngga ada jalan-jalan, Mz. *halah*

Aktualisasi itu apa?
Aktualisasi itu bentuk karya tulis semacam TA gitu tapi untuk PNS. Isinya tentang kegiatan pekerjaan sehari-hari sebagai PNS dikaitkan dengan nilai-nilai ANEKA. ANEKA adalah Akuntabilitas, Nasionalisme, Etika Publik, Komitmen Mutu, Anti Korupsi. Setiap kegiatan harus ada minimal 3 nilai ANEKA didalamnya. Mumet cah kalo kegiatan cuman itu-itu saja dan diharuskan membuat inovasi dalam Aktualisasi itu. Aktualiasi itu nanti disidangkan dihadapan coach, mentor, dan penguji. Udalah macam TA perciss. Rancangan dan hasil aktualisasi disidangkan. Jadi semacam kita sidang proposal untuk rancangan atualisasi dan ujian TA/skripsi untuk sidang hasil aktualisasi.

Rancangan aktualisasi aku

Kelaarrr sidaang alhamdulillah tinggal pusing buat laporan Aktualisasi 3 minggu ke depan.. Hari terakhir di Cepu, hah sedihnya mulai kerasa. Kami mulai klop, kami mulai saling kenal satu sama lain, Kami ndak ingin dipisah. Tapi,,, seperti kata pepatah ada pertemuan ada perpisahan. Gapapa. Kita ketemu lagi 3 minggu lagi gaes itu yang menjadi kata penghiburan untuk kami semua. 3 minggu lagi on campus kedua. Kita masih ketemu.
.
.
.
.
.
.
.
.
3 minggu ngga terasa. On campus sudah di depan mata. Dengan laporan aktualisasi yang seada-adanya dan sebenar-benarnya berangkatlah tim prajab cepu dari berbagai satker ke Cepu. Yha.

Kami ketemu lagi..Kami ngumpul lagi dan saat itu sudah ada 1 orang yang mencuri hati. hahahahaha diam jangan bilang-bilang.

Sampai di Widya Patra 3, kami ngumpul di salah satu kamar sekedar untuk ngobrol, bercanda, dan nemenin teman-teman yang ngeprint atau memperbaiki laporan aktualisasinya. Tiap malam kami habiskan dengan berkumpul bersama hingga larut malam. Mengabiskan waktu prajab yang tersisa dengan kenangan yang manis. Hal yang akan selalu aku rindukan.. Hingga tulisan ini aku publish, aku masih mengingat bagaimana ramainya kalian dan betapa aku ingin mengulang prajab lagi sama kalian..

Rusuh Sampai Jam 1 Malam

Kelar sidang lanjut brigade energi dan pengumuman kelulusan. Alhamdulillah angkatan kami lulus semua. Hari berikutnya akhirnya kami pesssttaaaa... *dancing*. Iya. Pesta. Pesta kelulusan dan perpisahan, dangdutan dan makan-makan. Ditutup dengan api unggun dan kembang api. Pesta api unggun dan kembang api yang benar-benar bikin geger se-Cepu. Hampir tengah malam dan sebelah wisma kilang pertamina benar-benar perpisahan yang GILA!!!
Api Unggguunnn
Selfieeee!!!





Sekian dari saya yang sedang kangen kalian semua teman-teman Prajab akuuhh... Semoga kita bisa kumpul lagii.. Hayu lah kita jalan cemanaa gitu luangkan waktu barang sehari 2 hari untuk mengenang bahwa kita pernah sedekat ini... :')


Golongan 2 Full Team

Tim Biro Umum
Kami LULUS MAAAKKKK!

Dangdutaaan duluu gaess















Love,
Meta

0 comments:

Post a Comment